Selasa, 11 Oktober 2011

Obat Tradisional, JAMU, OBAT HERBAL TERSTANDAR DAN FITOFARMAKA

              Indonesia merupakan negara yang mempunyai keaneragaman hayati yang paling banyak di dunia. Dari nenek moyang terdahaulu keanekaragaman hayati ini sudah dimanfaatkan, salah satunya dalam pengobatan atau lebih dikenala dengan obat tradisional. Kategori obat tradisional di Indonesia ada 3 macam yaitu Jamu, OHT dan Fitofarmaka.
             Menurut Badan POM Obat tradisional adalah
bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut, yang secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman. Sedangakan pengertian Jamu adalah obat tradisional Indonesia, Obat herbal terstandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah di standarisasi,  Fitofarmaka adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik, bahan baku dan produkjadinya telah di standarisasi. Dari pengertian ini antara jamu, OHT, dan Fitofarma menjadi berbeda dimulai dari tanaman, standarisai dan uji yang dilakukan.
               Jamu dalam pengertian yang tadi disebutkan adalah merupakn obt tradisional sedangkan pada OHT dan Fitofarmaka hanya di sebutkan obat bahan alam, Sedangakan pengertian obat tradisional sendiri adalah obat alam yang sudah digunakan secara turun temurun min selama 3 generasi,, alias empiris banget,,, Dan udah teruji secara turun temurun jadi kalo bahan alam yang baru-baru ditemukan dan diklaim sebagai jamu yaaaaaaa kalo menurut saya sallaaaaaaaaaaaahhhhhh. Kalo jamu sebenar-benarnya jamu itu ya yang udah turun temurun,, contaoh: pada kenal rosella atau mehkota dewa???? saat ini banyak yang mengklaim jamu yang berisi rosella dan mahkota dewa padahal rasella dan mahkota itu duluuuu gak ada,, dan belum secar turun, temurun dipake sebagai obat tradisional,, so bukan obat tradisional dna bukan jamu yang sebenernya,,,,
           So Aslinya JAMU lah yang bener-bener obat alam asli Indonesia, yang dipakai penduduk indonesia dari turun temurun dari nenek moyang jangan sampai ad negara lain yang mengklaim JAMU ini. Ok next,,diamana bisa tau obat tradisional????????? mungkin tidak ada catatan khusus untuk obat tradisioanl ini,, mungkin ada beberapa misalnya kitab cendini yang ada di keraton Yogyakarta, yang berisi resep-resep obat tradisional ini.


0 komentar:

Posting Komentar